Dokter Kecil

Kehadiran peran dokter kecil sangat bermanfaat bagi sesama siswa dan masyarakat

Penataran Dokter Kecil di SDN Cipinang Cempedak 02 Pagi, Jatinegara , Jakarta Timur

Jakarta, Alwalindonews – “Dengan adanya diklat ataupun penataran dokter kecil pihak sekolah dasar akan mendapatkan manfaat yang besar, karena diharapkan nantinya dokter kecil ini dapat berperan serta dalam penanggulangan kesehatan dilingkungan sekolah ataupun ketika kembali ditengah masyarakat,” kata R. Aulia Taswin, ketika menghadiri pembukaan penataran dokter kecil di SDN Cipinang Cempedak 02 Pagi, Jatinegara, Jakarta Timur (17/11).Penataran calon dokter kecil dilaksanakan mulai tanggal 17 s/d 19 November 2009 dengan materi yang cukup padat antara lain ada Pre Test, UKS dan Dokter Kecil yang akan disampaikan oleh Ibu Endang S dari Puskesmas Jatinegara, Kebersihan Pribadi oleh Ibu Sudjasmi, Kesehatan Gigi dan Mulut oleh Drg. Fita, Warung Sekolah oleh Ibu Sri Sugiyati, S.Pd., M.M.Pd, Imunisasi dan Pencegahan Penyakit Menular oleh Ibu Siti Kurniasih, Kesehatan Lingkungan oleh Duma. M, Kesehatan Mata oleh Ibu Sri Hartati, Pencegahan Dini Resiko Bencana dan Pertolongan Kecelakaan serta obat sederhana oleh Dr. Lucia br Siregar dan yang paling mengesankan pada penataran ini adanya siswa dikenalkan bagaimana penanggulangan Nafza oleh Dr. Robert.

Adapun peserta penataran Dokter Kecil sejumlah 40 siswa terdiri dari siswa kelas IV dan kelas V. Para peserta sebelumnya mengikuti pre test yang dilaksanakan oleh panitia penataran dokter kecil dan nantinya diakhiri dengan pos test.

Suasana penataran dokter kecil sangat bersahaja dan tidak tegang, karena para instrukturnya supel dan riang, taklupa dokter kecil dibekali semangat agar tidak ngantuk yaitu bernyanyi bersama mars “Dokter Kecil” bagaimana teks syairnya? Ini kutipan Mars Dokter Kecil:

Mari kawan-kawan maju berjuang

tantang lawan musuh yang menyerang

sedia bantu guru dan orangtua

dalam mengabdi sesama

Bekerja bergiat slalu berusaha

Bantu petugas medis, menjauhkan penyakit yang mendekat

Ayo kawan siap bekerja

Jangan ragu lihat nanti hasilnya

badan sehat, gigi kuat, hati riang gembira

jadi putra Indonesia junjung hidup Pnacasila

Mari teman-teman menuntut ilmu, cita-cita tercaapai

Menjalankan tugas membantu sesama Dokter Kecil, siap bekerja

Reff:

Menimbang mengukur tu’tugas kitapun bidang PPPK

Menuntut ilmu kesehatan praktis

guna membantu sahabat dan masyarakat

Dokter Kecil julukan nama kita

Beginilah suasana pelatihan Dokter Kecil, siswa ditempa agar cekatan dan benar dalam memberikan pelayanan kesehatan temannya

Desi Saputri menggondol predikat Dokter Kecil Tingkat Nasional

Jakarta, Alwalindonews – Desi Saputri, siswi SDN Jeruklegi Kulon 01 Kabupaten Cilacap, dinobatkan sebagai juara pertama Dokter Kecil tingkat Nasional. Desi berhasil mengungguli para peserta dokter kecil utusan dari 33 propinsi se Indonesia.

Penilaian Dokter Kecil yang berlangsung selama 4 hari dari tanggal 4 hingga 7 Agustus lalu, dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah/TMII Jakarta. Penilaian meliputi berbagai kategori mulai dari lomba cerdas cermat dokter kecil, praktek kedokter kecilan, serta pengabdian masyarakat seperti lomba balita dan posyandu.

Seperti diketahui bahwa dalam rangka penilaian Dokter kecil tingkat Nasional, kontingen Propinsi Jawa Tengah, mengirimkan 1 tim, yang terdiri dari 3 tingkatan, yakni untuk tingkat Sekolah Dasar diwakili dari SDN Jeruklegi Kulon 01 Cilacap, tingkat SLTP diwakili dari SMP Kabupaten Wonosobo dan untuk tingkat SLTA diwakili SMA dari Salatiga.

Dari ketiga tingkatan ini, yang berhasil menggondol sebagai juara I, hanya tingkat Sekolah Dasar, yang diwakili Desi Saputri dari SDN Jeruklegi kulon 01 Cilacap. (hromly-humas)

Dokter Kecil sudah merambah di Kecamatan Cibadak

Program Dokter Kecil merupakan salah satu program primadona di PKM Cibadak. Terhitung sejak tahun 2005 telah meluluskan kurang lebih 140 dokter kecil yang tersebar di 7 sekolah dasar di Kecamatan Cibadak. Prestasinya pun cukup membanggakan, karena 3 sekolah pernah menjuarai lomba dokter kecil tingkat Provinsi Banten, di antaranya SDIT Ad-Da’wah (Juara I,2005), SDN Kadu Agung Timur 01 (Juara III,2006) dan SDN Malabar 02 (Juara III,2007).

Pertengahan tahun ini, Angkatan V Diklat Dokter Kecil akan dibuka, dan Puskesmas Cibadak menargetkan 3 sekolah dasar baru yang murid-muridnya akan dilatih menjadi dokter kecil. Pembiayaan diklat dokter kecil ini akan bersumber dari dana JPKM sekolah yang bersangkutan, ditambah subsidi dari pemerintah kabupaten. Dari hasil diklat dokcil ini diharapkan melahirkan generasi-generasi muda yang mampu mengenali, mencegah dan mengatasi sendiri masalah kesehatan di lingkungan sekitarnya.

Komentar instruktur Dokter Kecil

DOKCIL alias dokter kecil belum lama berselang telang diadakan pelatihan di Bondowoso, tgl 29-30 Agustus 2009, para instruktur memberi pelatihan buat adek2 SD… Lucu bgt lho! Acaranya berlangsung 2 hari, hari pertama, pemberian materi. Ada beberapa materi menarik, contonya, cara cuci tangan, menolong gigitan ular, cara gosok gigi, bikin oralit, dll…
Truz… hari keduanya, ada cerdas cemat deh buat nentuin SD mana yang bakal menang… hohoho… smangat buat Ketut (VER 04), Intan (ver 05), Naya (VER 05), Lala (ver 05) n Bagus (ver 06)…!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s