Profil

Masmedia elektronik dan cetak sedang ambil engle yang pas

Tanpa masmedia kegiatan apapun tak ada artinya, Alwalindo menjalin hubungan erat dengan kuli disket

Alwalindo Joint Social Activity

Bergerak untuk masyarakat yang termajinalkan

Membantu anak bangsa yang kurang beruntungYayasan Al-Waaliy Indonesia (Alwalindo) sebagai salah satu organisasi sosial yang telah lama konsern dibidang hak pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan perjuangan persamaan derajat manusia sejak tahun 2003. Adapun untuk mewujudkan maksud dan tujuannya, Yayasan Alwalindo membentuk pelaksana program yang berintegrasi dengan semua institusi yang ada dibawah Yayasan Alwalindo antara lain, Lembaga Perlindungan Konsumen Indonesia, The Millennium Development Goals Watch Alwalindo, Health Care of Alwalindo dan Alwalindo Law Firm.

Visi

Yayasan Alwalindo mempunyai visi mencerdaskan masyarakat yang termajinalkan oleh sistem yang tidak memihak kepada masyarakat marjinal.

Misi

Untuk mewujudkan Visi tersebut, maka Yayasan Alwalindo akan melakukan misi yang terdiri dari:

  1. Meningkatkan kepedulian tentang kesehatan dengan semua pihak dalam upaya memahami, mengetahui dan dapat mematuhi secara ikhlas tersebut melalui bentuk bincang-bincang antara para Narasumber dengan  masyarakat.
  2. Mendorong terlaksananya upaya pemahaman, pengetahuan dan pemanfaatan fasilitas teknis melalui bentuk seminar, lokakarya, sosialisasi, ceramah oleh Yayasan Alwalindo dan badan-badan kesehatan setempat secara komprehensif dan terpadu yang dilakukan dengan efektif.

3         Merangkul dan mendorong para pihak-pihak yang konsern dalam dunia kesehatan dalam memperhatikan kesehatan masyarakat agar melakukan interaksi yang positif agar bisa mendorong partisipasi instansi pemerintah dan organisasi sosial masyarakat lainnya dalam menegakkan dan melaksanakan  program kesehatan.

Strategi

Strategi yang dipergunakan dalam melaksanakan semua program kesehatan melalui  Yayasan Alwalindo akan bekerjasama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat ( PUSKESMAS), Rumah Sakit pemerintah/Swasta dan lembaga sosial lainnya yang dikembangkan secara terpadu dan intergratif melalui pendekatan kemitraan yang mengandalkan potensi dan kemampuan sumber daya manusia yang selalu di update.

Tujuan;

  1. Memberikan pemahaman mengenai strategi nasional tentang kesehatan kepada masyarakat
  2. Menggalang komitmen antara legislatif, eksekutif dan masyarakat luas untuk bersama-sama memerangi kemiskinan dan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Di Ibukota Masih Ada Daerah Kumuh

Kumuh bukan berarti kesehatan warganya tidak diperhatikan?

Ibu-Bapak jangan lupa 3 M ya lakukan setiap Jum’at

5 (lima) Program Pokok Alwalindo yakni:

Joint Social Activity

  1. 1. Pelayanan Sosial
  • Pemulangan orang daerah ke kampungnya
  • Rumah singgah
  1. 2. Pelayanan Kesehatan
  • Pengobatan Gratis
  • Penyediaan Ambulans Pasien Sakit dan Ambulans Jenazah
  • Pengasapan DBD
  • Tanggap Flu Burung
  • Donor Darah
  1. 3. Pelayanan Pendidikan (PAUD,TK, SD, SMP, SMA)
    Merenung untuk aksi kesehatan

    Beginilah relawan Alwalindo, tidak mengenal lelah, tapi perlu istirahat sejenak dong

  2. 4. Pelayanan Manula
  3. 5. Relawan Penanggulangan Bencana
  • Dapur Umum
  • Tenda Pengungsian
  • Evakuasi
  • Air dan Sanitasi
  • Distribusi Logistik
  • Pemulihan Hubungan Keluarga
  • Pemberian Dukungan psikososial

Hal-hal yang diperlukan masyarakat untuk sehat adalah pengetahuan dan informasi; keterampilan menata kehidupan karena informasi saja tidak cukup Sedangkan hal-hal yang dapat dilakukan pada masyarakat adalah peduli dan membahas secara terbuka; menghilangkan rasa takut dan prasangka; melakukan advokasi kesehatan untuk mendukung kebijakan tentang kesehatan.

Sasaran

Seluruh program Yayasan Alwalindo dilaksanakan di daerah-daerah yang benar-benar sangat membutuhkan perhatian dibidang kesehatan masyarakat dan diprioritaskan daerah yang tertinggal di seluruh Indonesia

Sumber Pembiayaan

Sumber pembiayaan atau dana pelaksanaan program kesehatan masyarakat ini diharapkan bisa berasal dari Pemerintah Pusat c/q  Departemen Kesehatan RI  dan korporate atau pihak –pihak yang konsern dibidang dunia kesehatan yang sifatnya tidak mengikat.

Apa Yang Telah Dilakukan Yayasan Alwalindo tahun 2003 s/d 2009

  1. Pendampingan Pasien Keluarga Miskin ke Rumah Sakit sejak 2003 hingga sekarang
  2. ”Kepedulian Corporate Social Responsibility Terhadap Anak Bangsa Yang Kurang Beruntung” bersama keluarga Besar PT. Investama (Aqua Golden Missisipi), Tbk pada bulan Oktober 2007
  3. Pelayanan Ambulance untuk orang sakit dan meninggal bekerjasama dengan Yayasan Mawar Merah dan Yayasan 118 Jakarta
  4. Pengobatan dan Perawatan Pasien Keluarga Miskin bekerjasama dengan Yayasan Hijau Putih
  5. Advokasi Kesehatan bersama Alwalindo Law Firm
  6. Advokasi Konsumen bekerjasama dengan Lembaga Perlindungan Konsumen Indonesia (LPKI)
  7. Kampanye HAIV/AIDS kepada kalangan remaja se- Jabodetabek kerjasama dengan Dirjend MP2ML ,Departemen Kesehatan RI dengan funding The Global Fund Swiss, pada bulan November 2006 sampai  dengan Januari 2007
  8. Sosialisasi Asuransi Kesehatan Bagi Keluarga Miskin (ASKESKIN) kepada kelompok Majelis Ta’lim dan Risma di Kota Depok, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, Kaabupaten Cirebon dan Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara kerjasama dengan PT. ASKES (Pusat) pada bulan Desember 2006 s/d Juni 2007
  9. Sosialisasi Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) di Kabupaten Bogor pada bulan Oktober 2008 kerjasama dengan Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan, Departemen Kesehatan RI
  10. Penggalangan Dana Peduli Kesehatan Bagi Anak Bangsa Yang Kurang Beruntung bekerjasama dengan SHELMER Records dan Management Art of http://www.spotainment.com pada bulan Januari 2009

Penutup

Semua program yang dilakukan LBH Alwalindo, Lembaga Perlindungan Konsumen Indonesia, Serikat Buruh Alwalindo, Health Care of Alwalindo, ini merupakan salah satu kebijakan Yayasan Alwalindo dalam mengembangkan program pemberdayaan hak kesehatan di seluruh wilayah Indonesia. Dan ini memerlukan dukungan serta sumberdaya yang cukup.

Karenanya, keterlibatan dari semua pihak secara maksimal tentu sangat mendukung pencapaian visi dan misi program Yayasan Alwalindo. Tiada gading yang tak retak, dengan semangat dan ikhlas, salam sehat.

Jakarta, 21 Juli 2003

Ketua Yayasan Alwalindo

R. Aulia Taswin, S.Ag

SUSUNAN PENGURUS

Yayasan Al-Waaliy Indonesia (Alwalindo)

Dewan Pembina : Asep Alit Hidayah, Hendarsih Guritno

Dewan Pengawas : R. Gularko Aulia, Yetty Dwi Gayanti

Pengurus Harian:

Ketua : R. Aulia Taswin, S.Ag

Sekretaris : Heriyanti

Bendahara : Erwin Aulia

Divisi Kesehatan

Ketua    : Heri Sulistiyowati, S.Apt

Kartini Amelia

Divisi Informasi dan Komunikasi

Ketua    : Syaefudin

Divisi Hubungan Antar Lembaga

Ketua    : P. Ashomad

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s